TATA KESOPANAN BERGAUL



Seorang ahli hikmat mengatakan, “ Jikalau kamu ingin bergaul secara baik dan sopan maka ikutilah petunjuk-petunjuk ini:
1. Hadapilah kawan atau musuh dengan kegembiraan, kesopanan, dan ketenangan. Jagan sekali-kali menampakkan sikap sombong dan merasa tinggi diri. Rendahkanlah hatimu. Dalam segala hal, letakkanlah menurut ukuran yang pertengahan, sebab sesuatu yang kelebihan dari segala macam perkara itu pasti tidak baik dan tercela.
2. Janganlah gemar melihat di kedua sampingmu, kanan atau kiri. Jangan pula memperbanyak menoleh kemana-mana.
3.    Janganlah sekali-kali jari-jari tanganmu itu dirapatkan di sela-sela jari yang lain. Jangan pula suka memain-mainkan kumis, janggut, atau cincin. Amat buruk sekali jika kita ‘mengingkit-ngungkit sela-sela gigi, mengupil, banyak meludah/beringus/menggeliatkan badan serta menguap. Semua itu termasuk kurang sopan apabila dilakukan dihadapan orang lain.
4.  Duduklah dengan tenang, dan aturlah kata-katamu dengan baik, teratur, dan tertib. Dengarkanlah dengan seksama percakapan orang yang ada dihadapanmu.
5. Janganlah dalam percakapan engkau membangga-banggakan dirimu, anak-anakmu, karangan-karanganmu, dsb yang merupakan keistimewaanmu atau keluargamu.
6. Jauhilah sikap selalu menyerah dan masa bodoh. Jangan pula terlalu ngotot dalam meminta sesuatu yang engkau perlukan. Jangan pula mendorong orang lain untuk berbuat penganiayaan.
7.  Jangan memberitahukan berapa banyak harta kekayaan yang dimiliki, karena apabila hartamu dianggap sedikit akan dianggap hina, dan apabila hartamu dianggap banyak maka dikhawatirkan bagi orang yang memiliki penyakit hati mereka tidak rela (iri) dengan kenikmatan yang engkau miliki.
8.   Jauhilah sikap keras hati, bersitegang urat leher dan mutlak-mutlakan, sebab semua itu baiknya tidak akan lebih banyak daripada keburukannya. Jikalau suatu waktu perlu mengambil sikap mengalah, lakukanlah tanpa adanya perasaan lemah dan atau tidak tahan dalam menghadapinya.
9. Jikalau engkau berdebat, pegang teguhlah kesopanan. Jauhilah sikap tergesa-gesa, fikirkanlah masak-masak bantahanmu. Jangan sekali-kali berisyarat dengan tangan dan jangan pula suka menoleh ke belakang. Jikalau sedang marah, diamlah dulu dan setelah reda amarahmu lalu ucapkanlah isi hatimu dengan baik.
10. Jangan menganggap hartamu lebih mulia dari dirimu.
11.Jikalau engkau mmemasuki sebuah majlis apapun, secara adab ucapkanlah salam, duduklah di tempat yang kosong atau di tempat yang disediakan untukmu serta jabatlah tangan orang yang duduk di dekatmu.
12.Jauhilah sedapat mungkin bercakap-cakap di jalanan. Tetapi jikalau sewaktu-waktu terpaksa harus melakukan itu. Maka penuhilah hak-haknya jalan:
-      Menundukkan pandangan.
-      Membantu orang yang sedang kesukaran/dianiaya, orang yang lemah dan miskin.
-      Menunjukkan orang yang tersesat jalan.
-      Menjawab salam.
-      Memberi orang yang meminta-minta.
-      Mengajak pada kebaikan.
-      Melarang kemungkaran.
-   Tidak semaunya membuang ludah/ingus. Ketika harus meludahpun jangan ke arah kiblat.
-      Jangan suka bersenda gurau dengan orang yang cendekia (berilmu) dan orang yang kurang akal. Orang cendekia akan kurang enak hatinya karena engkau dianggap tidak sopan, dan orang yang kurang akal akan menjadi berani dan berbuat melampaui batas terhadapmu.
13. Apabila suatu ketika engkau banyak bersenda gurau dalam suatu majlis karena terlupa, dsb maka berdoalah sebelum meninggalkan majlis tersebut dengan doa yang diajarkan Rasulullah Saw dalam sabdanya, “Barangsiapa yang duduk dalam suatu majlis lalu banyak senda guraunya kemudian sebelum ia berdiri dari majlisnya itu lebih dahulu mengucapkan ‘Subhanaka allohumma wa bihamdika, Asyhadu allaa ilaaha illa anta, Asytagfiruka wa atuubu ilaika’ (Maha Suci Ya Allah dan dengan puji-pujian pada-Mu. Saya menyaksikan bahwa tiada Tuhan selain Engkau. Saya mohon pengampunan pada-Mu serta bertaubat) melainkan ia pasti akan diampuni oleh Allah kesalahan-kesalahan yang dilakukan selama dalam majlisnya tadi. “ (HR. tirmidzi).
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular

Pengunjung saat ini

Ruang Siar

Label

Label Cloud