MANFAAT JENGKOL



Shalihaat....sekalipun mengkonsumsi jengkol itu bisa menimbulkan bau mulut dan bau pipis/BAB (maaf), tapi tak dinyana, ternyata kandungan zat yang terdapat dalam jengkol tidak bisa diremehkan.

Tahu tidak Shalihaat, bahwa dalam jengkol terdapat kandungan:

Sumber protein yang baik, yakni 23,3 g per 100 g bahan. Kadar proteinnya jauh melebihi tempe yang selama ini dikenal sebagai sumber protein nabati, yaitu hanya 18,3 gram per 100 gram. Protein berfungsi membangun enzim, hormon, dan imunitas tubuh. Karena itu, protein sering disebut zat pembangun. Protein juga memberikan efek menenangkan otak, bermanfaat untuk memperbaiki dan mengganti sel yang rusak. Dan yang pastinya, protein nabati lebih baik daripada hewani. Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa mengkonsumsi protein nabati akan memberikan kesehatan yang lebih baik dan memperpanjang umur dua kali lebih lama daripada mengkonsumsi protein hewani.

Mengandung serat tinggi sehingga sangat baik untuk melancarkan buang air besar. Jadi bagi yang mengalami kesulitan BAB dan perut buncit karena kesulitan BAB, jengkol adalah salah satu herba alternatif yang bisa digunakan.

Memiliki khasiat diuretic yang bisa melancarkan buang air kecil. Sehingga ini sangat baik juga bagi penderita jantung koroner.

Mengandung asam dan mineral yang terkandung dalam jengkol bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes/kencing manis.

Mengandung vitamin C sebanyak 80 ml per 100 ml. Vitamin ini sangat bermanfaat sebagai anti oksidan untuk menangkal radikal bebas. Kandungan vitamin A berkisar 658 mg per 100 gram jengkol yang berfungsi menjaga kesehatan mata. Vitamin B2 dan B1 masing-masing membantu penyerapan protein dan menjaga kepekaan syaraf.

Kandungan kalsium berkisar 140 mg per 100 gram jengkol. Kalsium adalah unsur penting yang mampu mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Selain itu kalsium juga berperan penting dalam metabolisme tubuh, penghubung antar jaringan syaraf, pergerakan otot dan kerja jantung.

Mengandung fosfor berfungsi sebagai pencegah tulang keropos dan menjaga gigi agar tidak berlubang. Kandungan fosfor di dalam jengkol berkisar 166,7 mg per 100 gram jengkol. Mau gigi berubang atau memilih makan jengkol.

Kandungan zat besi dalam jengkol berkisar 4,7 gram zat besi per 100 gram. Zat ini berfungsi penting dalam mengangkut oksigen dari paru-paru keseluruh jaringan sel tubuh serta mengangkut elektron tubuh yang berfungsi sebagai pembangkit energi dalam sel tubuh. Dalam pengangkutan oksigen penggabungan antara zat besi dan protein akan membentuk hemoglobin dalam sel darah merah dan myoglobin di dalam serabut otot yang berperan penting dalam pembentukan enzim yang berperan membangkitkan energi tubuh.

So...dengan demikian nampaklah sudah manfaat jengkol :
1.    Memberikan kesehatan yang lebih baik
2.    Melancarkan buang air kecil/besar dan mengatasi perut buncit
3.    Mencegah penyakit diabetes
4.    Menangkal radikal bebas
5.    Menjaga kepekaan syaraf
6.    Mencegah pengeroposan tulang dan gigi berlubang

Melihat manfaatnya yang begitu besar, bagi yang kurang menggemari, apa mau coba icip-icip?!
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular

Pengunjung saat ini

Ruang Siar

Label

Label Cloud