MENUHANKAN KECANTIKAN


Shalihat, perempuan mana sih yang tidak mau cantik. Semua pasti mengharapkan dirinya secantik seperti yang dibayangkannya. Dalam hal ini, media memiliki peran yang luar biasa besar untuk menggiring definisi cantik pada satu kondisi, misalnya memiliki kulit putih mulus, mata bundar, bibir mungil, rambut tebal, hidung mancung, leher jenjang, badan semampai langsing. Aduuhhh.....bidadari kaleeee.

Banyak usaha dilakukan hanya untuk mendapatkan penampilan diri seperti yang diinginkannya. Apalagi beragam produk perawatan tubuh, dan kosmetik banyak ditawarkan. Jadilah, semua usaha dilakukan oleh kaum wanita untuk tampil cantik. Bahkan sebagian diantaranya menempuhi segala cara tanpa memperhatikan aturan syariat agama.

Shalihat, sesungguhnya kalau kita mau jujur-jujuran nih, biasanya seseorang merasa ada yang kurang dalam dirinya apabila dia sudah berusaha membanding-bandingkan keadaan dirinya dengan yang lainnya.


Warna kulit

Masyarakat Indonesia hampir sebagian besar memiliki warna kulit sawo matang, atau kuning langsat. Sedangkan di negara empat musim, rata-rata masyarakatnya memiliki warna kulit putih. Tapi tahukah Shalihat, bahwa definisi cantik yang dicekoki ke benak kita oleh media selama ini adalah perempuan yang memiliki kulit putih, sehingga berbondong-bondong kita latah memutihkan kulitnya. Sedangkan negara Amerika Serikat sendiri yang notabene berkulit putih, justru melihat wanita cantik itu adalah mereka yang memiliki kulit gelap. Mereka sebut sebagai warna eksotik yang sexy. Ramai-ramailah mereka menjemur diri di bawah terik matahari di pantai. Bertolak belakang, khan?! Yang kulit gelap ingin putih, yang putih ingin gelap. Renungkanlah.

Berat Badan

Negara Indonesia dari dulu rasanya masih memiliki definisi cantik yang sama berkenaan dengan masalah berat badan: yang tinggi semampai bin langsing. Gemuk dikit, waaahhh...sudah deh jadi masalah. Diet berbagai program laku keras. Padahal di negara Arab sana, dikata perempuan cantik itu apabila memiliki tubuh yang subur alias gemuk. Tubuh gemuk seorang istri dianggap sebagai simbol kebahagiaan  dan kebanggaan tersendiri di hati para suami. Di sini yang badannya imut-imut macam kita, tak masuklah kategori. Itu artinya baik bagi yang memiliki berat badan langsing ataupun subur adalah cantik. Tinggal kita mau pakai definisi yang mana. Lagipun, kesehatanlah seharusnya yang menjadi ukuran cantiknya diri kita. Menjadi langsing tapi menderita Anorexia Nervosa (diet berlebihan sampai badan kurus khan gak cakep juga. Bagi yang bertubuh gemuk, ada baiknya rajin olahraga, perhatikan pola makan. Karena biasanya penyakit mudah datang bermula dari seputar pencernaan. Selebihnya, apapun adanya dirimu, bahagialah.

Operasi Plastik

Cara ini ditempuh biasanya untuk menjadikan penampilan tampak sempurna dalam pandangannya. Beberapa bagian yang kerap menjadi “pesakitan” gara-gara sang pembawa amanah kurang bersyukur adalah bagian hidung, mata, dagu, payudara, pinggang, dan daerah pantat. Sayangnya cara seperti ini pun tak bertahan lama, harus selalu diulang dalam periode tertentu (tersiksanyaaa....pen). Tapi ya begitulah, demi sebuah kecantikan apapun rela dilakukan.

Lantas apa yang sebaiknya kita lakukan sebagai seorang muslimah agar penampilan tetap cantik menarik? Ya, lakukanlah perawatan sewajarnya tanpa harus banyak mengubah setiap apa yang Allah titipkan atas tubuh kita. Banyak sekarang kita dapati cara dari mulai spa sampai perawatan ala rumahan bisa dilakukan. Sesuaikan selalu dengan budget yang kita punya. Jangan sampai memaksakan diri.

Sebenarnya, pada awalnya mungkin kecantikan amat menentukan kesan pertama seseorang, namun selebihnya kecantikan hati yang akan berperan banyak atas baik tidaknya sebuah hubungan. Maka, selain kecantikan fisik, kecantikan batin pun perlu juga diperhatikan.

Kecantikan jangan dijadikan sebagai Tuhan yang membuat kita melabrak aturan agama. Kecantikan bukanlah sebuah jaminan atas kebahagiaan. Bukan pula ukuran suksesnya kehidupan seseorang. Kecantikan adalah sebuah ujian yan tak semua wanita mampu mengembannya. Bukankah banyak pria dan wanita terpeleset kehidupannya gara-gara kecantikan? Bukankah tak sedikit kecantikan dieksploitasi sekedar untuk mendapat keuntungan? Dan kebahagiaan berumah tangga pun tidak melulu berkorelasi lurus dengan kecantikan seseorang. Yang wajahnya biasa, justru rumah tangganya adem ayem, awet bahagia. Dan yang berparas cantik justru sebaliknya.

Shalihat, mari kita benahi konsep cantik kita. Cantik yang menyatukan diri dengan norma agama yang kita anut. Karena cantik itu adalah perawatan, bukan mengubah sesuatu yang telah Allah karuniakan.

Share:

1 komentar:

  1. How To Make Money In Vegas With A Bank Account
    In most of the casinos around the world, deposit using your personal information to หาเงินออนไลน์ earn money is something that most people do not have at present.

    BalasHapus

Popular

Pengunjung saat ini

Ruang Siar

Label

Label Cloud