FAKTA KEBAIKAN DIBALIK KEBIASAAN BANGUN PAGI


Islam adalah sebuah agama yang mengajarkan para pemeluknya untuk terbiasa bangun pagi –kaum muslim menyebutnya dengan bangun subuh. Memulai hari dengan bangun lebih dini sebelum sang mentari menampakkan dirinya. Saking pentingnya bangun pagi, Rasulullah saw. pun sampai memohonkan doa pada Allah Azza wa Jalla bagi siapapun pengikutnya yang bangun pada pagi hari.

“Ya Allah, berkahilah umatku selama mereka senang bangun subuh. “ (HR. at-Tirmidzi, Abu Dawud, Ahmad, Ibnu Majah).

Tubuh kita pun sebenarnya dirancang untuk berfungsi di pagi hari. Jam biologis kita dengan segera akan menyuruh untuk bergerak di pagi hari supaya mendapatkan cahaya berkualitas untuk mencegah beberapa penyakit seperti kekurangan vitamin D, penyakit musiman, kegemukan, dsb.

Bukan tanpa sebab mengapa waktu subuh adalah salah satu waktu yang beliau sebutkan, kecuali pasti didalamnya terdapat kebaikan-kebaikan. Dan ternyata, 14 abad kemudian, melalui beberapa penelitian didapatilah sebuah hasil yang memperkuat benarnya tuntunan ajaran Rasulullah saw. tentang hal itu.


Beberapa fakta baik dibalik kebiasaan bangun subuh itu bisa kita dapatkan penjelasannya sebagai berikut:

Bangun pagi membuat tubuh lebih sehat, dan bugar

Seorang peneliti dari Raehampton University di Inggris menyimpulkan kalau bangun pagi membuat tubuh lebih sehat, mood baik, dan membuat orang memiliki indeks massa tubuh ideal. Peneliti lainnya yang bernama Dr. Joerg Huber yang dikutip melalui Medicmagic mengatakan bahwa mereka yang bangun pagi cenderung lebih sehat dan lebih bahagia.

Bangun pagi membuat seseorang produktif dan positif

Mereka yang bangun lebih pagi umumya memiliki mood yang lebih ceria, bahagia, otak lebih tajam, dan daya fokus fikiran lebih baik ketimbang mereka yang bangun terlambat. Mood positif ini tentu saja akan berpengaruh terhadap semangat dan kinerja kerja kita pada hari itu. Bangun lebih pagi dapat membuat seseorang lebih siap untuk menaklukkan hari.

Hasil studi ini dilaporkan dalam sebuah jurnal yang bernama Emoticon pada tahun 2012 dimana didapati ternyata sistem syaraf manusia dipengaruhi sekali oleh kebiasaan bangun pagi ini.

Hasil penelitian yang hampir senada dilakukan oleh Profesor Biologi di University of Education di Heidelberg yang berhasil menemukan bahwa orang yang bangun lebih pagi  memiliki energi yang lebih banyak.

Bangun pagi membuat seseorang menjadi lebih sukses

Dari sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 oleh Universitas Texas menemukan bahwa para mahasiswa yang bangun lebih pagi memiliki nilai IPK yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang bangunnya terlambat.

Bangun subuh dapat mencegah kegemukan (obesitas)

Bangun lebih pagi pada kenyataannya bukan membuat badan kita menjadi lemas karena kurang tidur. Akan tetapi yang terjadi justru sebaliknya, badan kita akan menjadi lebih aktif, berenergi, dan penuh semangat. Tidak hanya itu, bangun pagi hari pun berpotensi untuk membantu kita melangsingkan tubuh. Hal ini dibahas lebih di dalam Journal of Applied Psychology Sosial pada tahun 2009.

Bangun pagi berpengaruh terhadap tingkat depresi

Pada tahun 2013 dilakukan sebuah penelitian kembali di negara Jerman yang berhasil menemukan hubungan antara depresi tinggi dengan kecenderungan tidur larut malam. Mereka yang tidur cukup dan terbiasa bangun lebih pagi memiliki tingkat depresi yang lebih rendah. Sedangkan yang terbiasa tidur terlambat dan bangun pun kesiangan akan menunjukkan  hal sebaliknya, beresiko untuk memiliki tingkat depresi yang lebih tinggi. Dan itu semua pada akhirnya akan mempengaruhi terhadap kualitas hidup dan kinerja kita.

Menurut sebuah studi dari University di London menemukan bahwa bagi mereka yang bangun sebelum jam 7 pagi memiliki resiko lebih rendah terkena stress, depresi, dan obesitas.

Demikian beberapa kebaikan dibalik kebiasaan bangun pagi. Informasi di atas semoga menjadi informasi bermanfaat, api semangat tersendiri untuk tergerak bangun, dan semakin menebalkan keyakinan kita akan betapa kebenaran Islam yang dibawa oleh suri teladan  kita Rasulullah saw. Wallahu’alam.

(Tulisan ini diambil dari beberapa sumber yang kemudian penulis rangkum)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular

Pengunjung saat ini

Ruang Siar

Label

Label Cloud