JANGAN BERSEDIH



Dalam sebuah atsar sahabat disebutkan: Ketika pagi tiba, janganlah menunggu sore, dan ketika sore tiba, jangan menunggu datangnya pagi.

Artinya,  hiduplah hanya dalam batasan hari ini saja. Jangan mengingat-ingat masa lalu, dan jangan pula was-was dengan masa yang akan datang.

Menyibukkan diri dengan mengingat masa lalu dan meratapi kembali kegetiran-kegetiran hidup yang telah terjadi dan telah berlalu adalah sebuah ketololan dan kegilaan.

Pepatah Cina mengatakan: “Jangan dulu menyeberangi jembatan sebelum anda sampai di jembatan itu. “

Artinya, jangan apriori terhadap kejadian-kejadian yang belum tentu terjadi sampai kita benar-benar mengalami dan merasakannya sendiri.

Salah seorang ulama salaf mengatakan, “Wahai anak Adam, hidupmu itu tiga hari saja: hari kemarin yang telah berlalu, hari esok yang belum datang, dan hari ini dimana Engkau harus bertakwa kepada Allah. “

Maka….kerahkan semua kemampuan untuk hari ini. Berbuatlah semaksimal mungkin, dan pusatkan konsentrasi kita untuk melakukan sesuatu dengan cara meningkatkan kualitas moral, menjaga kesehatan, dan memperbaiki hubungan dengan sesama.  

(“La Tahzan”, Dr ‘Aidh Abdullah al-Qarni)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular

Pengunjung saat ini

Ruang Siar

Label

Label Cloud