BEBERAPA PRINSIP DALAM MASALAH KEUANGAN



Pertama
Orang yang hemat tidak akan pernah meminta bantuan orang lain. Orang yang membelanjakan uangnya dengan baik, memanfaatkan uangnya untuk hal-hal yang penting, tidak boros dan tidak berfoya-foya akan mendapatkan pertolongan dari Allah swt.
“Sesungguhnya, pemboros-pemboros itu adalah saudaranya syetan. “ (QS. al-Isra: 27)

Kedua
Mencari harta lewat jalur-jalur yang mubah dan menghindari yang haram. Allah itu Mahabaik dan hanya menyukai yang baik-baik saja. Allah tidak akan memberkahi harta yang diperoleh dengan cara yang kotor.

Ketiga
Mencari harta yang halal, menghimpunkannya dengan cara yang halal, mengisi waktu  luang, dan tidak membuang-buang waktu untuk hal-hal yang tidak berguna.

Abdurrahman bin’Auf, saat ditawari setengah dari kekayaan salah satu dari kaum Anshar sebagai kuatnya ikatan persaudaraan antara kaum Muhajirin dengan kaum Anshar yang telah ditanamkan oleh Rasulullah saw, malah mengatakan, “Tunjukkanlah kepadaku, dimana pasar. “

“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah, dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu beruntung. “ (QS. al-Jumu’ah: 10)

(Dr. 'Aidh Abdullah al-Qarni)
           
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular

Pengunjung saat ini

Ruang Siar

Label

Label Cloud